Partnerkita : Jasa Pendirian Pengurusan CV dan PT

Opening Hours :

5 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari dalam Mendirikan PT

Jasa pendirian koperasi – Mendirikan PT (Perseroan Terbatas) adalah langkah besar dalam dunia bisnis. Namun, seperti dalam setiap perjalanan, ada potensi untuk tersandung dan jatuh. Dalam konteks mendirikan PT, ada beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dan dapat menghambat perkembangan dan sukses perusahaan Anda. 

Kesalahan-kesalahan ini, jika tidak diidentifikasi dan ditangani dengan tepat, dapat berakibat fatal bagi kelangsungan hidup perusahaan. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas lima kesalahan umum tersebut dan memberikan saran tentang cara menghindarinya.

Salah Memilih Bidang Usaha

Pemilihan bidang usaha yang tepat sangat penting dalam pendirian PT. Bidang usaha yang salah dapat mengakibatkan kerugian dan kegagalan bisnis. Oleh karena itu, sebelum mendirikan PT, sebaiknya lakukan riset pasar dan analisis kompetitif untuk memastikan bahwa bidang usaha yang dipilih memiliki prospek yang baik. Selain itu, pertimbangkan juga minat dan keahlian Anda serta potensi pasar di masa depan.

Kesalahan Terkait Jumlah Modal

Menurut Pasal 35 PP No 7 Tahun 2021, kriteria skala usaha dikelompokkan berdasarkan modal usaha atau hasil penjualan tahunan. Berikut adalah kriteria tersebut:

Usaha Mikro: Memiliki modal usaha kurang dari Rp1 miliar

Usaha Kecil: Memiliki modal usaha antara Rp1 miliar hingga Rp5 miliar

Usaha Menengah: Memiliki modal usaha lebih dari Rp10 miliar

Mengabaikan ketentuan ini dapat mengakibatkan kesalahan dalam penentuan skala usaha dan jumlah modal yang dibutuhkan. Oleh karena itu, sebelum mendirikan PT, pastikan Anda telah menyiapkan modal yang cukup dan sesuai dengan skala usaha yang diinginkan.

Salah Menentukan Komposisi Pemegang Saham, Direksi, dan Komisaris

Pasal 109 UU Cipta Kerja menentukan bahwa PT didirikan oleh dua orang atau lebih dengan akta notaris yang dibuat dalam bahasa Indonesia. Setiap pendiri PT wajib mengambil bagian saham pada saat PT didirikan. PT memperoleh status badan hukum setelah didaftarkan kepada Menkumham dan mendapatkan bukti pendaftaran. Jika pemegang saham menjadi kurang dari dua orang, dalam jangka waktu paling lama enam bulan, pemegang saham yang bersangkutan wajib mengalihkan sebagian saham kepada orang lain, atau PT mengeluarkan saham baru kepada orang lain.

Salah menentukan komposisi pemegang saham, direksi, dan komisaris dapat mengakibatkan konflik internal dan masalah hukum di kemudian hari. Oleh karena itu, sebaiknya diskusikan dan tentukan komposisi ini dengan hati-hati sejak awal.

Baca juga Tips Mendirikan PT Secara Cepat dan Aman

Tidak Melaksanakan RUPS Pertama

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pertama adalah hal yang penting dan wajib dilakukan setelah pendirian PT. RUPS pertama ini biasanya digunakan untuk menentukan arah dan kebijakan perusahaan. Tidak melaksanakan RUPS pertama dapat mengakibatkan kebingungan dan ketidakjelasan tentang arah dan tujuan perusahaan.

Tidak Melengkapi Dokumen Persyaratan dan Izin Domisili Usaha

Dokumen persyaratan dan izin domisili usaha adalah hal yang sangat penting dalam pendirian PT. Tanpa melengkapi dokumen dan izin ini, PT tidak akan bisa beroperasi secara legal. Oleh karena itu, pastikan Anda telah menyiapkan dan melengkapi semua dokumen dan izin yang diperlukan sebelum mendirikan PT.

Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan bahwa perusahaan Anda didirikan dengan dasar yang kuat dan siap untuk sukses. Ingatlah bahwa pendirian PT adalah hanya langkah pertama dalam perjalanan bisnis Anda. Dengan persiapan yang tepat dan pemahaman yang baik tentang hukum dan regulasi yang berlaku, Anda dapat memastikan bahwa perjalanan Anda menuju sukses bisnis akan lancar dan berbuah manis. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on tumblr
Tumblr
partnerkita.id

partnerkita.id

Kami adalah Perusahaan jasa di bawah naungan PT KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL yang bergerak dibidang Jasa legalitas usaha

Minta Proposal

Silahkan kontak nomor dibawah atau kontak via whatsapp untuk mendapatkan proposal layanan partnerkita.

0321 3760354

PERHATIAN

Semua transaksi hanya ditujukan ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7189530212 atas nama PT. KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL

Jika ada transaksi diluar nomer rekening tersebut, pihak kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan.

Nb : mohon dicantumkan catatan tranfersnya
UD/CV/PT (sesuai yang di Order)

Terimakasih