PartnerKita

Opening Hours :

Berapa Lama Proses Mendirikan PT?

berapa lama mendirikan pt

Ingin membuat perencanaan keuangan untuk membuka peluang bisnis sehingga perlu tahu berapa lama proses mendirikan PT?

Atau ingin mengantisipasi potensi penundaan dan tantangan saat mendirikan PT jadi perlu tahu berapa lama proses mendirikan PT?

Kalau begitu, seperti apa alur mendirikan PT dan apa saja tahapnya?

Semua pertanyaan kamu akan kami jawab di artikel ini dengan lengkap.

Ayo, langsung kita bahas!

Tunggu Sebentar, Memang Apa Pentingnya Mengurus Pendirian PT?

Sebenarnya, hal itu tergantung dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri.

Nah, untuk perusahaan-perusahaan kecil yang tidak berkaitan dengan instansi pemerintah biasanya pembuatan akta pendirian usaha ini mungkin saja sebenarnya tidak terlalu mendesak.

Biar urusan pendirian PT tidak repot kamu bisa mempercayakan proses pendirian PT ke Partner Kita!

Kami akan membantu kamu dalam mengurus perizinan maupun akta notaris perusahaan.

Next, Berapa Biaya untuk Membuat PT?

  • Paket lite senilai Rp4,9 juta: di paket ini kamu akan mendapat dan nama PT, Akta Notaris Pendirian PT, SK Kemenkumham, Berita Negara Republik Indonesia (BNRI)
  • Paket lengkap senilai Rp6,5 juta: di paket ini kamu akan mendapat lebih banyak pelayanan, seperti Pengecekan dan Pesan nama PT, AKTA Notaris Pendirian PT, SK Kemenkumham, NPWP, SK Pajak, NIB (Nomor Induk Berusaha), Sertifikat Stndar (Jika usaha masuk resiko menengah rendah/menengah tinggi) Pengganti SIUP, Surat Pernyataan K3L,SPPL, Tata Ruang, untuk
    Paket Sedekah Jumat Berkah (untuk DHUAFA dan ANAK Yatim)

Ayo komunikasikan kebutuhan kamu untuk pendirian PT di WhatsApp berikut:

Hubungi Kami di WhatsApp

So, Seperti Apa Alur Mendirikan PT?

1. Siapkan dokumen yang diperlukan

Seperti:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) semua pendiri dan pengurus
  • Kartu Keluarga (KK) pendiri dan pengurus
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pendiri dan pengurus
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaaan (SKDP) pendiri dan pengurus
  • Formulir pemesanan nama perusahaan
  • Anggaran Dasar (AD)
  • Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
  • Surat pernyataan modal

2. Tentukan notaris yang tepat

Alur yang satu ini nggak kalah penting dengan yang lainnya.

Kamu perlu bekerjasama dengan notaris berlisensi untuk membantu aspek hukum dalam proses pendirian PT, ya.

3. Nah, begini proses pendaftarannya:

  • Usakan AdaPersetujuan Nama Perusahaan: Dalam hal ini, kamu perlu mengajukan formulir pemesanan nama perusahaan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk mengecek ketersediaan dan mendapatkan persetujuan.
  • Siapkan Akta Pendirian: Nantinya, notaris akan menyusun Akta Pendirian yang menjelaskan struktur, tujuan, dan detail kepemilikan perusahaan.
  • Tandatangani Akta Pendirian: Di proses ini, semua pendiri dan pengurus harus menandatangani Akta Pendirian di hadapan notaris.
  • Sahkan Akta Pendirian: Next, notaris akan menyerahkan Akta Pendirian ke Kemenkumham untuk didaftarkan.
  • Urus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP): Ajukan permohonan SIUP ke instansi pemerintah terkait.
  • Dapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP): Di proses ini, kamu perlu mendaftarkan PT untuk NPWP di Direktorat Jenderal Pajak (DJP).
  • Dapatkan Izin dan Registrasi BPJS: Dalam hal ini, kamu perlu mendaftarkan PT dan karyawannya untuk program jaminan sosial, termasuk BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Dapatkan Izin atau Sertifikat Lainnya: Nah terkait hal ini, Tergantung pada industri dan kegiatan perusahaan, izin atau sertifikat tambahan mungkin diperlukan dari otoritas terkait.

Memang Berapa Lama Rata-Rata Proses Mendirikan PT di Luar Sana?

Prosesnya bisa memakan waktu 207 hari , mulai dari proses pendaftaran PT hingga mendapatkan Surat Keputusan (SK) Kemenkumham sebelum ada AHU Online.

Inovasi digital mempercepat proses mendirikan PT hingga hanya 7 menit.

Kamu hanya membutuhkan waktu selama 1 menit untuk pemesanan nama PT dan 6 menit untuk pengisian data.

Tenang dulu, kamu tidak perlu pusing untuk mengurusi berbagai hal yang perlu dilakukan untuk mendirikan PT tadi.

Karena kami lebih dari kata siap untuk bisa membantu kamu.

Kamu bisa mempercayakan seluruh urusan pendirian PT kamu ke Partner Kita dan berikutnya kamu bisa menunggu perusahaan PT kamu berdiri.

Apa Saja Tahap Mendirikan PT yang Membutuhkan Waktu Lebih?

1. Pengajuan Nama Perseroan Terbatas:

Nah untuk tahap ini, kamu membutuhkan waktu beberapa hari karena proses ini diajukan di Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH) yang membutuhkan waktu untuk memastikan kalau pemilihan nama tidak sama dengan nama PT lain yang sudah terdaftar.

2. Pembuatan Akta Pendirian PT:

Prosesnya tergantung dari kompleksitas Anggaran Dasar (AD) dan kuota antrian di Notaris yang Anda pilih dan membutuhkan waktu sekitar 3-7 hari kerja.

3. Pengurusan Izin Usaha:

Pengurusan izin ini bisa memakan waktu beberapa minggu, tergantung dari jenis usaha dan daerah domisili PT, seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

4. Pengesahan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP):

Kamu membutuhkan waktu sekitar 30 hari kerja.

So, kamu perlu mempersiapkan RKAP dengan matang dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kamu bisa berkonsultasi dengan konsultan bisnis atau pakar di bidang ini untuk membantu penyusunan RKAP terlebih dahulu, ya.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Mendirikan PT?

Persyaratan Umum:

  • Nama PT: Pilihlah nama PT yang unik, mudah diingat, dan sesuai dengan jenis usaha kamu. Pastikan ya, nama ini belum digunakan oleh PT lain.
  • NPWP Pendiri: Siapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) para pendiri PT.
  • Alamat Domisili PT: Siapkan alamat domisili PT yang sah dan terverifikasi.
  • Modal Dasar: Tentukan modal dasar PT dan bagaimana pembagian modalnya di antara para pendiri.
  • Struktur Organisasi: Tentukan struktur organisasi PT, termasuk susunan direksi dan komisaris.
  • Kegiatan Usaha: Kamu perlu menjelaskan kegiatan usaha yang akan dijalankan oleh PT secara rinci.
  • Akta Pendirian PT: Buatlah Akta Pendirian PT di hadapan Notaris.

Dokumen Pendukung:

  • Fotokopi KTP para pendiri
  • Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
  • Surat Pernyataan Ketidakberatan dari Pemilik Tempat Domisili PT
  • Naskah Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) PT
  • Berita Acara Rapat Pendirian PT
  • Surat Keputusan Penetapan Direksi dan Komisaris PT

Percayakan Urusan Pendirian PT ke Partner Kita!

Tidak perlu ribet dan pusing lagi buat mendirikan perusahaan impian kamu!

Karena bersama PartnerKita, kamu bisa mengurusnya dengan cepat tapi tetap nyaman!

Kami menangani masalah perizinan klien lebih dari 6.589++ yang berhasil diatasi.

Kapan lagi coba kamu menemukan kemudahan dan keuntungan sebesar ini dalam menggunakan jasa pembuatan PT?

Yuk, gunakan jasa pembuatan PartnerKita dengan menghubungi nomor ini melalui WhatsApp!

Kami lebih dari kata siap untuk melayanimu!

 

Author

  • Ega Krisnawati

    Content Writer yang sudah berpengalaman selama 3 tahun untuk membuat artikel media maupun brand besar seperti EIGER. Memiliki visi misi kuat untuk membantu pengusaha seperti Anda untuk mendirikan PT tanpa ribet. Mari Selangkah bersama mewujudkan setiap impian Anda!

    Lihat semua pos
Facebook
Twitter
LinkedIn
Tumblr
partnerkita.id

partnerkita.id

Kami adalah Perusahaan jasa di bawah naungan PT KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL yang bergerak dibidang Jasa legalitas usaha

Minta Proposal

Silahkan kontak nomor dibawah atau kontak via whatsapp untuk mendapatkan proposal layanan partnerkita.

0321 3760354

PERHATIAN

Semua transaksi hanya ditujukan ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7189530212 atas nama PT. KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL

Jika ada transaksi diluar nomer rekening tersebut, pihak kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan.

Nb : mohon dicantumkan catatan tranfersnya
UD/CV/PT (sesuai yang di Order)

Terimakasih