Partnerkita : Jasa Pendirian Pengurusan CV dan PT

Opening Hours :

Biaya Pembuatan PT: Anggaran dan Syarat Syarat yang Perlu Dipersiapkan

biaya pembuatan PT

Partnerkita.id – Apakah Kamu sedang berencana untuk mendirikan sebuah perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT)? Jika ya, Kamu harus tahu dulu nih biaya pembuatan PT dan syarat syarat yang perlu dipersiapkan. Jangan sampai Kamu kaget atau kehabisan dana saat mengurus pendirian PT. Apalagi, sekarang proses pendirian PT sudah semakin mudah, cepat, dan murah. Kamu bisa mengurusnya sendiri tanpa perlu calon atau jasa konsultan. Asyik kan?

Tapi, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang biaya pembuatan PT, ada baiknya kita pahami dulu apa itu PT dan apa saja keuntungan dan kerugiannya. PT adalah sebuah badan hukum yang didirikan oleh dua orang atau lebih dengan modal dasar yang terbagi dalam saham. PT memiliki keuntungan seperti:

  • Memiliki badan hukum yang terpisah dari pemiliknya, sehingga tidak perlu khawatir jika terjadi masalah hukum atau utang piutang.
  • Memiliki kredibilitas yang tinggi di mata pihak lain, seperti pemasok, pelanggan, bank, dll.
  • Memiliki kemudahan dalam mengurus perpajakan, administrasi, dan perizinan usaha.
  • Memiliki kemungkinan untuk berkembang lebih besar dan mendapatkan modal tambahan dari penjualan saham.

Namun, PT juga memiliki kerugian seperti:

  • Memerlukan modal awal yang cukup besar untuk mendirikan PT.
  • Memerlukan biaya operasional yang lebih tinggi daripada usaha lainnya, seperti biaya akuntansi, audit, notaris, dll.
  • Memerlukan pengawasan yang ketat dari pemerintah dan otoritas pasar modal.
  • Memerlukan transparansi dan akuntabilitas yang tinggi dalam menjalankan usaha.

Nah, setelah Kamu mengetahui keuntungan dan kerugian dari PT, sekarang saatnya kita membahas biaya pembuatan PT. Berapa sih biaya pembuatan PT itu? Apakah mahal atau murah? Apakah ada perbedaan biaya pembuatan PT antara dulu dan sekarang? Simak penjelasannya di bawah ini.

Biaya Pembuatan PT: Anggaran dan Syarat Syarat yang Perlu Dipersiapkan

Biaya Pembuatan PT Dulu dan Sekarang

Dulu, biaya pembuatan PT bisa mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini karena proses pendirian PT sangat berbelit-belit dan membutuhkan banyak dokumen dan izin. Kamu harus mengurus 13 prosedur yang memakan waktu hingga 47 hari kerja. Belum lagi jika Kamu menggunakan jasa calo atau konsultan yang menambah biaya lagi.

Namun, sekarang biaya pembuatan PT sudah jauh lebih murah dan mudah. Hal ini karena pemerintah sudah memangkas proses pendirian PT menjadi hanya 7 prosedur yang bisa diselesaikan dalam 10 hari kerja. Kamu juga bisa mengurusnya sendiri melalui sistem online di situs resmi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Rincian Biaya Pembuatan PT

Lalu, berapa rincian biaya pembuatan PT sekarang? Berikut adalah estimasi biaya pembuatan PT di Indonesia, diantaranya:

  • Biaya Pengurusan Pendirian PT berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 10.000.000. Biaya ini meliputi biaya notaris untuk membuat akta pendirian PT, biaya pengesahan akta pendirian PT oleh Kemenkumham, dan biaya pendaftaran nama perusahaan.
  • Biaya Pengurusan NPWP PT berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000. Biaya ini meliputi biaya pembuatan NPWP PT di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan biaya pengesahan NPWP PT oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).
  • Biaya Pengurusan NIB PT (Nomor Induk Berusaha Perusahaan, yaitu izin usaha PT) yang estimasi biayanya berkisar antara Rp 2.500.000 hingga Rp 5.000.000. Biaya ini meliputi biaya pengurusan NIB PT di OSS (Online Single Submission), biaya pengesahan NIB PT oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), dan biaya pengurusan izin usaha lainnya sesuai dengan bidang usaha PT.

Jadi, total biaya pembuatan PT sekarang berkisar antara Rp 6.000.000 hingga Rp 16.000.000. Tentu saja, biaya ini bisa berbeda-beda tergantung pada faktor-faktor seperti:

  • Wilayah tempat pendirian PT, karena setiap daerah bisa memiliki tarif notaris dan perizinan yang berbeda.
  • Bidang usaha PT, karena setiap bidang usaha bisa memiliki syarat dan izin yang berbeda.
  • Jumlah modal dasar dan modal disetor PT, karena semakin besar modalnya, semakin besar pula biaya notaris dan pajaknya.
  • Jumlah pendiri dan pengurus PT, karena semakin banyak orangnya, semakin banyak pula biaya administrasi dan legalisasinya.

Syarat Syarat yang Perlu Dipersiapkan

Selain biaya pembuatan PT, Kamu juga harus mempersiapkan syarat syarat yang diperlukan untuk jasa pendirian pt. Berikut adalah syarat syarat yang perlu dipersiapkan, seperti:

  • Minimal dua orang pendiri PT yang bisa berupa orang perseorangan atau badan hukum.
  • Minimal satu orang direktur dan satu orang komisaris PT yang bisa berbeda atau sama dengan pendiri PT.
  • Fotokopi KTP dan KK para pendiri dan pengurus PT.
  • Surat kuasa dari para pendiri dan pengurus PT kepada notaris untuk mengurus pendirian PT.
  • Nama perusahaan yang unik dan tidak sama atau mirip dengan nama perusahaan lain.
  • Maksud, tujuan, dan kegiatan usaha PT yang sesuai dengan bidang usaha yang dipilih.
  • Modal dasar, modal disetor, dan nilai nominal saham PT yang sesuai dengan ketentuan UUPT.
  • Alamat kantor pusat dan cabang (jika ada) PT yang dilengkapi dengan surat keterangan domisili usaha dari kelurahan atau kecamatan setempat.

Tips dan Saran untuk Menghemat Biaya Pembuatan PT

Mendirikan PT memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, Kamu bisa menghemat biaya pembuatan PT dengan beberapa tips dan saran berikut ini:

1.       Gunakan sistem online untuk mengurus pendirian PT.

Kamu bisa mengakses situs resmi Kemenkumham, atau situs resmi OSS, untuk mengurus pendirian PT secara online. Dengan begitu, Kamu bisa menghemat biaya transportasi, waktu, dan tenaga.

2.       Pilih notaris yang berpengalaman dan terpercaya.

Notaris adalah pihak yang bertanggung jawab untuk membuat akta pendirian PT dan mengurus pengesahan akta pendirian PT oleh Kemenkumham. Kamu harus memilih notaris yang berpengalaman dan terpercaya agar tidak ada masalah hukum atau biaya tambahan yang tidak perlu.

3.       Sesuaikan modal dasar dan modal di setor PT dengan kemampuan Kamu.

Modal dasar adalah jumlah modal yang di nyatakan dalam akta pendirian PT, sedangkan modal di setor adalah jumlah modal yang benar-benar di setorkan oleh para pendiri PT. Semakin besar modal dasar dan modal di setor PT, semakin besar pula biaya notaris dan pajaknya. Oleh karena itu, sesuaikan modal dasar dan modal di setor PT dengan kemampuan Kamu agar tidak memberatkan keuangan Kamu.

Baca Juga: Mengoptimalkan Potensi: Manfaat dan Tujuan Pengurusan SBU dalam Bisnis

4.       Pilih bidang usaha yang sesuai dengan keahlian dan minat Kamu.

Bidang usaha adalah jenis kegiatan usaha yang di lakukan oleh PT. Setiap bidang usaha bisa memiliki syarat dan izin yang berbeda-beda. Pilihlah bidang usaha yang sesuai dengan keahlian dan minat Kamu agar Kamu bisa menjalankan usaha dengan lancar dan efisien.

Demikian artikel yang kami buat tentang biaya pembuatan PT dan syarat syarat yang perlu di persiapkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu yang ingin mendirikan PT. Jika Kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on tumblr
Tumblr
partnerkita.id

partnerkita.id

Kami adalah Perusahaan jasa di bawah naungan PT KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL yang bergerak dibidang Jasa legalitas usaha

Minta Proposal

Silahkan kontak nomor dibawah atau kontak via whatsapp untuk mendapatkan proposal layanan partnerkita.

0321 3760354

PERHATIAN

Semua transaksi hanya ditujukan ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7189530212 atas nama PT. KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL

Jika ada transaksi diluar nomer rekening tersebut, pihak kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan.

Nb : mohon dicantumkan catatan tranfersnya
UD/CV/PT (sesuai yang di Order)

Terimakasih