Partnerkita : Jasa Pendirian Pengurusan CV dan PT

Opening Hours :

Mudah dan Cepat, Begini Cara Membuat SBU Online, Bisa Kamu Coba

cara membuat SBU online

Partnerkita.id – Apakah kamu seorang pelaku usaha jasa konstruksi? Atau Apakah kamu ingin mengembangkan usaha kamu dan mendapatkan proyek-proyek besar dari pemerintah atau BUMN? Apakah kamu sudah memiliki SBU online? Jika belum, maka artikel ini cocok untuk kamu, karena pada ulasan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang cara membuat SBU online dengan cepat dan mudah

SBU online adalah salah satu syarat untuk mengikuti tender atau pelelangan proyek jasa konstruksi. Tanpa SBU online, kamu tidak akan bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain yang sudah memiliki sertifikat tersebut.

Nah, apa sih SBU online itu? Bagaimana cara membuat SBU online? Apa saja manfaatnya? Tenang, kamu tidak perlu khawatir, kami akan menjawab semua pertanyaan kamu melalui artikel ini. Jadi, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian dan Manfaat SBU Online

SBU online adalah singkatan dari Sertifikat Badan Usaha online. Ini adalah sertifikat pengakuan formal tingkat kompetensi usaha jasa pelaksana konstruksi (kontraktor) dan usaha jasa perencana konstruksi atau jasa pengawas konstruksi (konsultan) yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Sertifikat ini berbentuk digital dan pendaftarannya dilakukan melalui sistem online yang sudah dikembangkan oleh LPJK.

SBU online ini penting dimiliki oleh perusahaan jasa konstruksi sebagai acuan di dalam keikutsertaan pelelangan pekerjaan atau prakualifikasi tender pengadaan barang dan juga jasa yang berasal dari BUMN, instansi pemerintah, atau proyek yang berada di lingkungan pertambangan gas, minyak, dan panas bumi yang ada di Indonesia.

Jadi, SBU online ini berbeda dengan SBU lama yang berbentuk fisik. SBU lama itu mudah dipalsukan dan sulit diverifikasi keasliannya. Makanya, LPJK membuat SBU online yang lebih aman dan praktis. Dengan SBU online, kamu bisa menunjukkan sertifikatmu dengan mudah melalui barcode yang tertera pada tiap sertifikat. Panitia tender tinggal melakukan scan barcode tersebut untuk melihat keaslian SBU calon penyedia.

Mengapa Kamu Perlu SBU Online?

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki SBU online. Berikut adalah beberapa di antaranya:

–          Kamu bisa meningkatkan kredibilitas perusahaanmu di mata klien.

Dengan memiliki SBU online, kamu bisa membuktikan bahwa perusahaanmu memiliki kemampuan dan kualitas yang sesuai dengan klasifikasi dan kualifikasi yang tercatat dalam sertifikat. Klien akan lebih percaya dan nyaman untuk bekerja sama dengan perusahaanmu.

–          Kamu bisa mengikuti tender atau pelelangan proyek-proyek besar yang menjanjikan.

Dengan memiliki SBU online, kamu bisa memenuhi salah satu syarat untuk mengikuti tender di bidang usaha jasa konstruksi. Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan proyek-proyek besar dari pemerintah, BUMN, atau perusahaan swasta yang membutuhkan jasa konstruksi. Tentu saja, ini akan meningkatkan omzet dan keuntungan perusahaanmu.

–          Kamu bisa menghemat waktu dan biaya dalam proses pembuatan SBU.

Dengan menggunakan sistem online, kamu tidak perlu repot-repot datang ke kantor LPJK untuk mengurus SBU. Kamu cukup mengisi formulir online, mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan, dan membayar biaya pembuatan SBU secara online. Kamu juga tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan SBU online. Proses verifikasi dan validasi akan dilakukan secara cepat dan akurat oleh LPJK.

Cara Membuat SBU Online dengan Mudah dan Cepat

1.       Persyaratan Membuat SBU Online

Sebelum kamu membuat pendirian badan usaha surabaya online, kamu harus mempersiapkan beberapa dokumen yang di perlukan. Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan, di antaranya:

  • Surat Akta Pendirian Badan Usaha
  • Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK)
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)
  • Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari asosiasi profesi yang sesuai dengan bidang usaha
  • Surat Pernyataan Kesanggupan Kerjasama dengan Tenaga Ahli (SPKTA)
  • Daftar Riwayat Hidup (CV) Tenaga Ahli
  • Ijazah Tenaga Ahli
  • Sertifikat Keahlian Tenaga Ahli
  • Surat Keterangan Pengalaman Kerja Tenaga Ahli
  • Surat Keterangan Sehat Tenaga Ahli
  • Foto copy Kartu tanda Penduduk (KTP) Penanggung Jawab Perusahaan
  • Foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Penanggung Jawab Perusahaan
  • Foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak badan Usaha
  • Foto copy Rekening Koran Badan Usaha

Langkah-Langkah Membuat SBU Online

Setelah kamu mempersiapkan dokumen-dokumen di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat SBU :

  1. Buka laman OSS dan klik Daftar. Akan muncul form pertanyaan, isi form tersebut dengan lengkap. Pengisian NIK menggunakan penanggung jawab perusahaan. Menuliskan alamat email. Cek email untuk verifikasi akun OSS. Masuk ke laman OSS menggunakan akun yang sudah terverifikasi.
  2. Masuk ke alamat link yang di sediakan: Kemudian buatlah akun atau membership pada sistem online LPJK.
  3. Setelah membuat akun LPJK, login dengan menggunakan username dan password yang sudah di buat. Pilih menu Registrasi Baru, kemudian pilih jenis registrasi sesuai dengan bidang usaha (kontraktor atau konsultan).
  4. Isi formulir registrasi dengan data-data yang di minta, seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, email, bidang usaha, sub bidang usaha, klasifikasi usaha, kualifikasi usaha, asosiasi profesi, dan lain-lain.
  5. Unggah dokumen-dokumen yang di perlukan sesuai dengan persyaratan yang di tampilkan di layar. Pastikan dokumen-dokumen tersebut lengkap dan sesuai dengan format yang di minta.
  6. Lakukan pembayaran biaya pembuatan SBU sesuai dengan nominal yang di tampilkan di layar. Metode pembayaran bisa melalui transfer bank atau kartu kredit.
  7. Tunggu proses verifikasi dan validasi dari LPJK. Jika semua data dan dokumen sudah sesuai, maka permohonan SBU akan di setujui oleh LPJK.
  8. Cetak SBU yang sudah di setujui oleh LPJK. SBU tersebut akan berisi barcode yang bisa di gunakan untuk mengecek keaslian sertifikat.

Jenis-jenis SBU

Jenis sertifikasi badan usaha ada banyak sekali dan penting untuk di ketahui bagi Kamu yang masih awam dalam dunia usaha. Mengetahui jenis-jenisnya akan memudahkan Kamu dalam membuat SBU. Berikut beberapa jenis sertifikasi perusahaan:

1.       Sertifikat jasa konstruksi

Sertifikat jasa konstruksi merupakan sertifikasi yang paling banyak di cari oleh perusahaan-perusahaan di industri konstruksi. Biasanya sertifikasi ini berguna untuk memudahkan penyelesaian proyek-proyek pembangunan di kota-kota besar sehingga kebutuhan tenaga kerja semakin meningkat.

Oleh karena itu, banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara mendaftar SBU agar bisa mendapatkan keuntungan dari proyek tersebut. Mengapa begitu banyak orang yang mengincarnya? Alasannya karena harga proyek tersebut sangat mahal.

2.       SBU Khusus

Jasa pendirian badan usaha jenis kedua adalah SBU khusus, khusus bagi perusahaan yang memerlukan sertifikasi khusus. Contoh perusahaan yang memerlukan sertifikasi ini adalah perusahaan di industri medis.

Memang sangat sedikit perusahaan yang menawarkan ekstensi SBU dari jenis SBU khusus ini. Ini seringkali merupakan jenis konstruksi SBU yang paling diperlukan.

3.       SBU Konsultan Konstruksi

Tipe kedua yang juga di butuhkan banyak orang yaitu SBU Konsultan Konstruksi. Jenis sertifikasi ini sering kali diperlukan untuk konsultasi manajemen, konsultasi keuangan, manajemen proyek, dll.

Demikian artikel yang kami buat tentang cara membuat SBU dengan mudah dan cepat. Dengan memiliki SBU , kamu bisa meningkatkan kredibilitas perusahaanmu di mata klien dan mengikuti tender atau pelelangan proyek-proyek besar yang menjanjikan. Kamu juga bisa menghemat waktu dan biaya dalam proses pembuatan SBU . Jadi, tunggu apa lagi? Segera buat SBU sekarang juga.

Baca Juga: Jasa Bikin PT: Apa yang Perlu Kamu Ketahui

Semoga artikel ini bermanfaat dan menghibur kamu. Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu yang juga pelaku usaha jasa konstruksi. Siapa tahu mereka juga butuh SBU .

Jika kamu punya pertanyaan, saran, atau kritik tentang artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa juga untuk like and share artikel ini ke teman-teman kamu yang juga ingin mengetahui bagaimana membuat SBU online ini. Terima kasih dan selamat mencoba

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on tumblr
Tumblr
partnerkita.id

partnerkita.id

Kami adalah Perusahaan jasa di bawah naungan PT KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL yang bergerak dibidang Jasa legalitas usaha

Minta Proposal

Silahkan kontak nomor dibawah atau kontak via whatsapp untuk mendapatkan proposal layanan partnerkita.

0321 3760354

PERHATIAN

Semua transaksi hanya ditujukan ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7189530212 atas nama PT. KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL

Jika ada transaksi diluar nomer rekening tersebut, pihak kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan.

Nb : mohon dicantumkan catatan tranfersnya
UD/CV/PT (sesuai yang di Order)

Terimakasih