Partnerkita : Jasa Pendirian Pengurusan CV dan PT

Opening Hours :

Prosedur Mendirikan PT di Indonesia

Jasa pendirian PT – Mendirikan PT di Indonesia harus memenuhi prosedur yang berlaku, sebagaimana seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berikut ini adalah tahap dan panduan pendirian PT di Indonesia.

 

1. Pengajuan Nama Perseroan Terbatas

Langkah pertama dalam mendirikan PT adalah pengajuan nama perusahaan. Nama ini harus unik dan tidak boleh sama dengan nama perusahaan lain yang sudah terdaftar. Pengajuan ini dilakukan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari kerja.

 

2. Pembuatan Akta Pendirian PT

Setelah nama disetujui, langkah selanjutnya adalah membuat akta pendirian PT. Akta ini harus dibuat di hadapan notaris dan berisi tentang tujuan dan kegiatan usaha, struktur organisasi, dan modal dasar perusahaan. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu.

Akta Pendirian PT adalah dokumen hukum yang dibuat oleh Notaris dan berisi informasi penting tentang perusahaan, termasuk:

Nama perusahaan

Tujuan dan kegiatan usaha

Struktur organisasi

Modal dasar perusahaan

Proses pembuatan Akta Pendirian PT biasanya melibatkan langkah-langkah berikut

Menyiapkan Dokumen: Dokumen yang diperlukan biasanya mencakup identitas pendiri, NPWP pendiri, dan data lainnya tentang perusahaan.

Membuat Rancangan Akta: Notaris akan membuat rancangan akta berdasarkan informasi yang diberikan. Rancangan ini kemudian ditinjau dan disetujui oleh pendiri perusahaan.

Penandatanganan Akta: Setelah disetujui, akta kemudian ditandatangani oleh pendiri perusahaan di hadapan notaris.

Pendaftaran Akta: Akta yang telah ditandatangani kemudian didaftarkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk mendapatkan pengesahan.

Penerimaan SK Kehakiman: Setelah didaftarkan, perusahaan akan menerima Surat Keputusan (SK) Kehakiman yang menandakan bahwa perusahaan telah secara resmi didirikan.

 

3. Pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)

SKDP adalah bukti bahwa perusahaan Anda memiliki domisili atau tempat usaha yang jelas. Surat ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari kerja.

 

4. Pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Setiap perusahaan yang melakukan kegiatan usaha di Indonesia wajib memiliki NPWP. NPWP ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari kerja.

 

5. Pembuatan Anggaran Dasar Perseroan

Anggaran Dasar Perseroan adalah dokumen yang berisi aturan dan regulasi internal perusahaan. Dokumen ini harus disusun dengan hati-hati karena akan menjadi pedoman dalam menjalankan perusahaan. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu.

 

6. Mengajukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP adalah izin yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan untuk melakukan kegiatan perdagangan. Izin ini dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu.

 

7. Mengajukan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

TDP adalah bukti resmi bahwa perusahaan Anda telah terdaftar di pemerintah. TDP ini dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu.

Baca juga Memahami Perbedaan SKK dan SBU dalam Konteks Konstruksi

8. Berita Acara Negara Republik Indonesia (BNRI)

BNRI adalah berita acara yang memuat semua peraturan dan keputusan pemerintah. Setelah semua proses di atas selesai, perusahaan Anda akan tercatat dalam BNRI. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu.

Harap dicatat bahwa proses ini bisa berbeda tergantung pada hukum dan regulasi yang berlaku di wilayah Anda. Selalu konsultasikan dengan ahli hukum atau konsultan bisnis profesional untuk memastikan semua proses berjalan dengan lancar dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Demikianlah prosedur mendirikan PT di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk mendirikan PT. Selalu konsultasikan dengan ahli hukum atau konsultan bisnis profesional untuk memastikan semua proses berjalan dengan lancar dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on tumblr
Tumblr
partnerkita.id

partnerkita.id

Kami adalah Perusahaan jasa di bawah naungan PT KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL yang bergerak dibidang Jasa legalitas usaha

Minta Proposal

Silahkan kontak nomor dibawah atau kontak via whatsapp untuk mendapatkan proposal layanan partnerkita.

0321 3760354

PERHATIAN

Semua transaksi hanya ditujukan ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7189530212 atas nama PT. KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL

Jika ada transaksi diluar nomer rekening tersebut, pihak kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan.

Nb : mohon dicantumkan catatan tranfersnya
UD/CV/PT (sesuai yang di Order)

Terimakasih