Partnerkita : Jasa Pendirian Pengurusan CV dan PT

Opening Hours :

Tips Untuk Memperoleh Sertifikat ISO

Jasa pendirian PT – Sertifikasi ISO adalah sebuah sertifikat yang menunjukkan bahwa perusahaan Anda telah memenuhi standar internasional dalam sistem manajemen. Berikut adalah sepuluh langkah yang bisa dilakukan untuk memperoleh sertifikat ISO:

 

Membuat Komitmen

Top Management harus membuat komitmen untuk menerapkan Sistem Manajemen ISO dan memastikan bahwa Standar ISO yang dipilih sudah tepat bagi perusahaan.

 

Meninjau

Perusahaan harus meninjau kembali proses bisnis yang ada dan memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan ISO. Untuk meninjau kembali proses bisnis yang ada dan memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan ISO, perusahaan bisa melakukan beberapa hal berikut:

Memahami sifat dan tujuan organisasi

Perusahaan harus memahami sifat dan tujuan organisasi, mengenali pelanggan eksternal yang dilayani, dan memetakan interaksi proses yang dilakukan organisasi untuk menciptakan produk atau jasa yang diberikan kepada pelanggan eksternal.

Mengidentifikasi proses bisnis

Dalam proses bisnis terdapat tiga jenis proses, yaitu: Proses Utama (Core Process) yang merupakan proses inti dari kegiatan bisnis organisasi menghasilkan produk atau jasa. Proses ini identik dengan kegiatan manufaktur atau penyediaan jasa, ada penambahan nilai kepada produk dan jasa yang dihasilkan sampai akhirnya diserahkan kepada pelanggan eksternal. Proses Pendukung (Supporting Process) yang tidak secara langsung memberikan nilai tambah kepada produk dan jasa yang dihasilkan namun aktivitasnya mempengaruhi keberhasilan proses utama. Proses Manajemen (Management Process) merupakan proses terkait arahan organisasi, pengambilan keputusan dan pemantauan proses secara keseluruhan sebagai satu kesatuan sistem. Proses ini dapat mempengaruhi peluang organisasi untuk melakukan peningkatan.

Menganalisis proses bisnis

Perusahaan harus menganalisis proses dan prosedur yang berlaku dalam suatu perusahaan. Gap Analysis akan menentukan seberapa besar perbedaan antara proses operasional atau produksi perusahaan dengan persyaratan ISO yang harus diterapkan.

 

Melakukan Gap Analisis

Gap Analysis adalah menganalisis proses dan prosedur yang berlaku dalam suatu perusahaan. Gap Analysis akan menentukan seberapa besar perbedaan antara proses operasional atau produksi perusahaan dengan persyaratan ISO yang harus diterapkan.

 

Membentuk Tim ISO

Perusahaan harus membentuk tim ISO yang terdiri dari ketua project dan tim. Dalam tim minimal terdiri dari dua orang dari setiap divisi/departemen (yakni dept. head dan staf). Penetapan Management Representative boleh ada atau ditiadakan, tetapi Top Management harus berperan secara aktif dalam penerapan Sistem Manajemen ISO sebagai fungsi Leadership.

 

Menyelenggarakan Training ISO

Menetapkan waktu pelaksanaan pelatihan ISO untuk seluruh karyawan yang meliputi pelatihan Awareness (pengenalan), Dokumentasi dan Internal Audit. Tahapan ini dapat dilakukan oleh Lembaga Pelatihan ISO dari eksternal untuk mengajarkan pemahaman yang jelas kepada karyawan tentang persyaratan dan prosedur ISO.

 

Membuat Dokumen ISO

Setelah melakukan Gap Analysis, tim ISO membuat dokumen sesuai dengan persyaratan ISO yang akan diterapkan. Tetapkan Kebijakan, Struktur Organisasi, Job Desc, KPI, Pedoman, dan Prosedur dari masing-masing departemen di dalam perusahaan. Jika dibutuhkan penjelasan secara terperinci, maka dapat dibuatkan dokumen pendukungnya seperti Standar Kerja, Instruksi Kerja dan Formulir.

 

Implementasi Sistem Manajemen ISO

Perlu dicatat bahwa untuk memiliki Sertifikat ISO, perusahaan harus sudah beroperasi minimal 3 bulan untuk memastikan seluruh karyawan telah mengerti, mematuhi dan menjalankannya.

 

Melakukan Audit Internal dan Tinjauan Manajemen

Tahapan ini mencakup pelaksanaan Audit Internal Sistem Manajemen perusahaan mulai dari menyusun agenda tahunan audit sampai dengan evaluasi ke Top Management.

Baca juga Jasa Pengurusan Sertifikasi ISO Mudah dan Cepat

Memilih Badan Sertifikasi ISO

Perusahaan harus memilih badan sertifikasi ISO yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Audit Sertifikasi ISO

Tahapan ini mencakup pelaksanaan Audit Sertifikasi ISO oleh Badan Sertifikasi ISO yang telah dipilih oleh perusahaan.

Dengan mempertimbangkan sepuluh poin tersebut, pastinya mendapatkan sertifikat ISO bisa jadi lebih mudah. Namun jika anda merasa kesulitan dalam pembuatan atau pengurusan sertifikasi ISO, partnerkita.id hadir untuk anda yang siap membantu dan memudahkan anda dalam pendirian PT, CV pengurusan perizinan dan berbagai sertifikat sebagai syarat  pendirian usaha.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on tumblr
Tumblr
partnerkita.id

partnerkita.id

Kami adalah Perusahaan jasa di bawah naungan PT KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL yang bergerak dibidang Jasa legalitas usaha

Minta Proposal

Silahkan kontak nomor dibawah atau kontak via whatsapp untuk mendapatkan proposal layanan partnerkita.

0321 3760354

PERHATIAN

Semua transaksi hanya ditujukan ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7189530212 atas nama PT. KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL

Jika ada transaksi diluar nomer rekening tersebut, pihak kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan.

Nb : mohon dicantumkan catatan tranfersnya
UD/CV/PT (sesuai yang di Order)

Terimakasih