Partnerkita : Jasa Pendirian Pengurusan CV dan PT

Opening Hours :

Mengapa Perusahaan Harus Menerapkan ISO 45001:2018?

Jasa Kepengurusan HKI – ISO 45001:2018 adalah standar internasional yang menentukan persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Standar ini memberikan kerangka kerja bagi organisasi untuk mengelola risiko dan meningkatkan kinerja K31.

Berikut adalah beberapa elemen kunci dari ISO 45001:20181:

Komitmen Kepemimpinan: Standar ini menekankan pentingnya komitmen dan kepemimpinan dari manajemen puncak dalam menerapkan dan memelihara sistem manajemen K3.

Partisipasi Pekerja: ISO 45001:2018 mendorong partisipasi aktif pekerja dalam pengembangan, implementasi, dan peningkatan sistem manajemen K3.

Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko: Standar ini memandu organisasi dalam proses identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan penentuan kontrol yang diperlukan.

Kepatuhan Hukum dan Regulasi: ISO 45001:2018 membantu organisasi memahami dan mematuhi persyaratan hukum dan regulasi yang berlaku terkait K3.

Perencanaan Darurat: Standar ini mengharuskan organisasi untuk mempersiapkan dan merespons situasi darurat yang berpotensi mempengaruhi kesehatan dan keselamatan kerja.

Investigasi Insiden: ISO 45001:2018 menuntut organisasi untuk melakukan investigasi insiden, menentukan penyebabnya, dan mengambil tindakan korektif dan pencegahan.

Perbaikan Berkelanjutan: Standar ini menggunakan metodologi Plan-Do-Check-Act (PDCA) untuk memastikan sistem manajemen K3 terus menerus ditingkatkan.

 

Mengapa Perusahaan Harus Menerapkan ISO 45001:2018?

ISO 45001:2018 adalah standar internasional untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Standar ini dirancang untuk membantu organisasi menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi pekerja mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perusahaan harus menerapkan ISO 45001:2018.

 

Meningkatkan Kualitas Penerapan K3

ISO 45001:2018 membantu perusahaan meningkatkan kualitas penerapan K3 secara sistematis dan terukur. Dengan menerapkan standar ini, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka memiliki prosedur yang tepat untuk mengidentifikasi, mengendalikan, dan mengurangi risiko K3. Standar ini juga membantu perusahaan dalam merancang dan menerapkan kebijakan K3 yang efektif, serta memonitor dan mengevaluasi kinerja K3 mereka secara berkala.

 

Memenuhi Persyaratan Hukum

ISO 45001:2018 juga membantu perusahaan memenuhi persyaratan hukum terkait keamanan dan kesehatan kerja. Dengan menerapkan standar ini, perusahaan dapat menunjukkan kepada regulator bahwa mereka berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Standar ini juga membantu perusahaan dalam memahami dan mematuhi berbagai peraturan dan undang-undang K3 yang berlaku.

 

Menekan Gangguan Operasional

Standar ini juga membantu perusahaan menekan kemungkinan adanya gangguan operasional yang dapat mengancam keamanan maupun kesehatan pekerja. Dengan menerapkan ISO 45001:2018, perusahaan dapat mengidentifikasi potensi risiko dan mengambil tindakan pencegahan sebelum terjadi kecelakaan atau penyakit akibat kerja. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam menjaga kelancaran operasional dan produktivitas mereka.

 

Meningkatkan Efektivitas Kerja

ISO 45001:2018 juga dapat membantu meningkatkan efektivitas kerja. Dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, perusahaan dapat mengurangi tingkat absensi pekerja dan meningkatkan produktivitas. Standar ini juga membantu perusahaan dalam meningkatkan keterlibatan dan komitmen pekerja terhadap K3, yang pada gilirannya dapat meningkatkan moral dan kepuasan kerja.

 

Menghemat Biaya

Penerapan ISO 45001:2018 juga dapat membantu perusahaan menghemat biaya yang timbul dari kecelakaan maupun penyakit akibat kerja. Dengan mencegah kecelakaan dan penyakit kerja, perusahaan dapat mengurangi biaya medis, biaya kompensasi, dan biaya lain yang terkait dengan kecelakaan dan penyakit kerja. Selain itu, perusahaan juga dapat menghindari biaya yang timbul dari penundaan atau penghentian produksi akibat kecelakaan atau penyakit kerja.

Baca juga Pentingnya Sertifikasi Laik Operasi (SLO) bagi Industri

Meningkatkan Citra dan Kepercayaan

Terakhir, penerapan ISO 45001:2018 dapat membantu meningkatkan citra dan kepercayaan terhadap perusahaan dari pihak-pihak yang berkepentingan. Dengan menunjukkan komitmen perusahaan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja, perusahaan dapat membangun reputasi yang baik dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan, karyawan, dan masyarakat.

Dengan demikian, penerapan ISO 45001:2018 memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, mulai dari peningkatan kualitas K3, pemenuhan persyaratan hukum, penekanan gangguan operasional, peningkatan efektivitas kerja, penghematan biaya, hingga peningkatan citra dan kepercayaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk menerapkan ISO 45001:2018 dalam operasional mereka. Implementasi standar ini tidak hanya akan membantu perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, tetapi juga akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan dalam jangka panjang.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on tumblr
Tumblr
partnerkita.id

partnerkita.id

Kami adalah Perusahaan jasa di bawah naungan PT KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL yang bergerak dibidang Jasa legalitas usaha

Minta Proposal

Silahkan kontak nomor dibawah atau kontak via whatsapp untuk mendapatkan proposal layanan partnerkita.

0321 3760354

PERHATIAN

Semua transaksi hanya ditujukan ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7189530212 atas nama PT. KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL

Jika ada transaksi diluar nomer rekening tersebut, pihak kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan.

Nb : mohon dicantumkan catatan tranfersnya
UD/CV/PT (sesuai yang di Order)

Terimakasih