Partnerkita : Jasa Pendirian Pengurusan CV dan PT

Opening Hours :

Mengenal Jenis-Jenis Sertifikasi Keahlian (SKA)

Jasa Kepengurusan HKI – Sertifikat Keahlian (SKA) adalah sebuah bukti resmi yang dikeluarkan oleh badan atau lembaga tertentu yang menunjukkan keahlian seseorang dalam suatu bidang kerja di sektor konstruksi. SKA menjadi bukti bahwa individu tersebut memiliki kualifikasi dan kemampuan yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas yang terkait dengan jabatan Penanggung Jawab Teknik (PJT) dan Penanggung Jawab Klasifikasi (PJK) dalam bidang konstruksi.

Salah satu lembaga yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan SKA di bidang konstruksi adalah Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), sebuah asosiasi profesi yang berfokus pada pengembangan tenaga ahli di sektor konstruksi. Dengan memiliki SKA dari LPJK, individu dapat membuktikan bahwa mereka memiliki kualifikasi dan keahlian yang diperlukan untuk bekerja di industri konstruksi dan dapat dipercaya untuk menangani tugas-tugas yang terkait dengan bidang kerjanya.

 

Bidang dan Sub Bidang Keahlian Jasa Konstruksi

Berikut adalah beberapa bidang dan sub-bidang keahlian dalam jasa konstruksi:

Bidang Arsitektur

Arsitek (Kode:101): Arsitek adalah profesional yang merancang bangunan dan lingkungan fisik lainnya. Mereka juga bisa membantu dalam perencanaan, desain, dan pengawasan konstruksi bangunan.

Ahli Desain Interior (Kode: 102): Ahli Desain Interior adalah profesional yang merancang dan mengatur ruang dalam bangunan, termasuk pemilihan warna, perabotan, dan dekorasi.

Ahli Arsitektur Lansekap (Kode: 103): Ahli Arsitektur Lansekap merancang ruang luar seperti taman, taman kota, dan ruang publik lainnya.

Teknik Iluminasi (Kode: 104): Teknik Iluminasi adalah bidang yang berfokus pada penerapan cahaya untuk menciptakan efek visual dan atmosfer dalam ruang.

 

Bidang Sipil

Ahli Teknik Bangunan Gedung (Kode: 201): Ahli Teknik Bangunan Gedung adalah profesional yang merancang, membangun, dan memelihara struktur dan infrastruktur seperti jembatan, jalan raya, dan bandara.

Ahli Teknik Jalan (Kode: 202): Ahli Teknik Jalan merancang, membangun, dan memelihara jalan dan infrastruktur terkait.

Ahli Teknik Jembatan (Kode: 203): Ahli Teknik Jembatan merancang, membangun, dan memelihara jembatan dan struktur penunjang lainnya.

Ahli Keselamatan Jalan (Kode: 204): Ahli Keselamatan Jalan berfokus pada perencanaan dan implementasi langkah-langkah keselamatan di jalan raya.

Ahli Teknik Terowongan (Kode: 205): Ahli Teknik Terowongan merancang, membangun, dan memelihara terowongan dan struktur bawah tanah lainnya.

Perlu diingat bahwa ini hanya sebagian dari bidang dan sub-bidang yang ada. Ada banyak bidang dan sub-bidang lainnya dalam jasa konstruksi, dan setiap bidang memiliki kode dan spesifikasi keahlian yang berbeda.

 

Jenis Jenis SKA

Berikut adalah beberapa bidang dan sub bidang keahlian yang mendapatkan sertifikasi dari lembaga asosiasi profesi

 

Bidang Arsitektur

Arsitek

Ahli Desain Interior

Ahli Landscape

Ahli Iluminasi

 

Bidang Sipil

Ahli Teknik Bangunan Gedung

Ahli Teknik Jalan

Ahli Keselamatan Jalan

Ahli Teknik Jembatan

Ahli Teknik Terowongan

Ahli Teknik Landasan Terbang

Ahli Teknik Jalan Rel

Ahli Teknik Dermaga

Ahli Teknik Bangunan Lepas Pantai

Ahli Teknik Bendungan Besar

Ahli Teknik Sungai dan Drainase

Ahli Teknik Irigasi

Ahli Teknik Rawa dan Pantai

Ahli Teknik Pembongkaran Bangunan

Ahli Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan

Ahli Geoteknik

Ahli Geodesi

 

Bidang Mekanikal

Ahli Teknik Mekanikal

Ahli Teknik Sistem Tata Udara dan Refrigerasi

Ahli Teknik Plumbing dan Pompa Mekanik

Ahli Teknik Proteksi Kebakaran

Ahli Teknik Transportasi Dalam Gedung

Baca juga Mengapa Perusahaan Harus Menerapkan ISO 45001:2018?

Tingkatan kualifikasi SKA dibagi menjadi tiga

SKA Muda (Memiliki pengalaman minimal 3 tahun)

SKA Madya (Memiliki pengalaman minimal 5 tahun)

SKA Utama (Memiliki pengalaman minimal 10 tahun)

Sertifikat Keahlian (SKA) adalah bukti penting yang menunjukkan keahlian dan kualifikasi seseorang dalam bidang konstruksi. Dengan memiliki SKA, individu dapat menunjukkan kompetensi mereka dan meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan atau proyek dalam industri konstruksi. Selain itu, dengan memahami berbagai bidang dan sub-bidang dalam jasa konstruksi, individu dapat memilih area spesialisasi mereka dan mengembangkan keahlian mereka sesuai dengan minat dan tujuan karir mereka.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on tumblr
Tumblr
partnerkita.id

partnerkita.id

Kami adalah Perusahaan jasa di bawah naungan PT KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL yang bergerak dibidang Jasa legalitas usaha

Minta Proposal

Silahkan kontak nomor dibawah atau kontak via whatsapp untuk mendapatkan proposal layanan partnerkita.

0321 3760354

PERHATIAN

Semua transaksi hanya ditujukan ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7189530212 atas nama PT. KONSULTAN LEGALITAS MILENIAL

Jika ada transaksi diluar nomer rekening tersebut, pihak kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan.

Nb : mohon dicantumkan catatan tranfersnya
UD/CV/PT (sesuai yang di Order)

Terimakasih